1.556 Jemaah Haji Debarkasi Padang Sudah Tiba di Tanah Minang

Jemaah Haji Embarkasi Padang. Foto/Kemenag Sumbar
Sumber :

Padang – Sebanyak 1.556 Jemaah Haji Debarkasi Padang, Sumatera Barat yang tergabung dalam empat kelompok terbang (kloter) sudah kembali dari tanah air. Mereka, mendarat di Bandara Internasional Minangkabau

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Kemarin giliran jemaah kloter 04 asal Kabupaten Agam yang mendarat di Bandara International Minangkabau. Hingga hari ini, total yang sudah di tanah air 1.556 jemaah,"kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat, Helmi, Jumat 21 Juli 2023.

Dijelaskan Helmi, kloter 04 yang tiba di Ranah Minang kemarin merupakan jemaah perdana Debarkasi Padang yang dipulangkan pada fase gelombang 2. Rute kepulangan dari Madinah –Padang. Sementara untuk kloter 1 sampai 3, dipulangkan dalam gelombang 1 yang bertolak dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Sampai hari ini, Debarkasi Padang sudah memulangkan 4 kloter dari 17 kloter jemaah haji ke tanah air. Pemulangan jemaah haji ini sudah kita lakukan sejak tanggal Pekan kedua bulan Juli ini. Tiba di bandara, mereka bergerak menuju asrama Haji Batang Anai di Padang Pariaman yang tahun ini merupakan perdana kita fungsikan untuk menyambut kedatangan jemaah haji,” ujar Helmi.

Menurut Helmi, dari total 13 kloter jemaah haji debarkasi Padang, delapan kloter diantaranya saat ini masih berada di Makkah, lima kloter diantaranya sudah tiba di Madinah.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Jemaah yang masih ada di Makkah akan didorong menuju Madinah secara bertahap satu kloter setiap harinya. Mereka akan dipulangkan ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah,"tutup Helmi.