Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin Berlangsung Hari ini di Hotel Majapahit Surabaya

Tangkapan layar Acara deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin di Surabaya
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem telah mencapai kesepakatan penting untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (disingkat Amin) dalam Pilpres 2024 yang akan datang.

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yang dikenal sebagai pasangan Anies-Cak Imin atau AMIN, melaksanakan deklarasi sebagai bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilihan Presiden 2024. Deklarasi ini tengah berlangsung siang ini, di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Acara deklarasi AMIN dihadiri oleh sejumlah elite partai pengusung, termasuk perwakilan dari Partai Nasdem dan PKB. Namun, terdapat laporan bahwa PKS tidak menghadiri acara tersebut, sementara Partai Demokrat telah secara tegas menyatakan keluar dari koalisi dan menuduh pasangan Anies-Cak Imin sebagai pengkhianatan terhadap kesepakatan sebelumnya.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Dalam acara deklarasi tersebut  Polrestabes Surabaya telah menerima pemberitahuan tentang acara deklarasi Amin di Hotel Majapahit. 

"Iya, ada pemberitahuan," kata Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Toni Kasmiri.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Toni menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan 117 personel keamanan untuk mengawal deklarasi Amin, dan jumlah peserta yang hadir bisa saja lebih banyak, sehingga personel tambahan juga telah disiapkan untuk mengantisipasi kerumunan massa. 

Keputusan PKB untuk mengusung Amin diambil dalam rapat pleno DPP PKB di Surabaya pada Jumat, 1 September 2023. Keputusan ini menjadi respons terhadap pinangan NasDem untuk berkolaborasi dalam Pilpres 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title