Buntut Bentrokan di Rempang, 8 Warga Diamankan Polisi 

Bentrokan antara warga dan Polisi di Rempang
Sumber :
  • via viva.co.id

PadangKapolres Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto menyebut delapan orang diamankan saat bentrokan di Pulau Rempang beberapa waktu lalu. Ia pun, mengaku akan mempertimbangkan peluang restorative justice atau keadilan restoratif untuk kedelapan orang itu. 

Kasat Reskrim Terkena Panah dan Pelajar 15 Tahun Tewas dalam Bentrokan Maluku Tenggara

"Untuk SP3 atau restorative justice atau perdamaian tadi saya mendukung. Saya lihat perkembangan ke depan seperti apa, saya lihat kondisi dan kepentingan umum proses seperti apa, bisa SP3 atau restorative justice kan atau tidak,"kata Nugroho dilansir dari laman viva, Selasa 12 September 2023 

Nugroho menyebut jika pihaknya bakal berkoordinasi dengan pimpinan untuk mempertimbangkan proses restorative justice tersebut. Saat ini, kata dia, pihaknya tetap mengawasi perkembangan situasi di Pulau Rempang. 

Permohonan Penangguhan Penahanan Siskaeee Ditolak Polisi

"Nanti saya koordinasi ke pimpinan kita melihat situasi sekarang nanti seperti apa. Kemungkinan kesitu masih ada ya. Proses hukumnya masih ada, kita masih pertimbangkan dulu ya,"tuturnya.

Sementara itu, pihak Nugroho telah mengabulkan permohonan penangguhan penahanan terhadap 8 orang yang sebelumnya diamankan aparat usai bentrokan di Pulau Rempang beberapa waktu lalu. "Sementara ini permohonan penangguhan penahanan kita kabulkan hari ini," kata Nugroho. Ia menyebutkan, berkas delapan orang tersebut telah lengkap dan akan dilaporkan ke Kapolda Kepulauan Riau (Kepri), Irjen Tabana Bangun. 

MUI Rilis 15 Rekomendasi Terkait Rempang Eco City: Utamakan Masyarakat Adat dan Kesejahteraan 

"Delapan ini yang berkasnya 8 sudah lengkap juga saya lapor ke Kapolda, beliau menyampaikan kalau itu bisa ditangguhkan ya kita kabulkan," katanya.

Disebutkannya, delapan orang tersebut nantinya bakal wajib lapor dan tidak boleh melakukan perjalanan keluar kota. Aturan tersebut wajib ditaati dan tidak boleh dilanggar mengingat penangguhan penahanan telah dikabulkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title