Pesona Warisan Budaya Dunia Dihidupkan Kembali dalam Pertunjukan ICHF 2023

Pesona Warisan Budaya Dunia Dihidupkan Kembali, Pertunjukan ICHF 2023
Sumber :
  • Padang Viva

PadangFestival Internasional Warisan Budaya (ICHF) 2023 siap memukau dunia dengan warisan budaya takbenda dari berbagai negara. Acara ini akan memamerkan seni dan budaya dari berbagai penjuru dunia mulai dari Kallaripayatu India hingga Dondang Sayang Malaysia.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Kallaripayatu, seni beladiri tertua India yang diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia, akan menghentak panggung dengan keindahan gerakan asal Kerala, India. Malaysia akan memukau penonton dengan Dondang Sayang, kesenian tradisional berbalas pantun yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia.

Tidak hanya pertunjukan, ICHF 2023 juga akan menggelar pameran manuskrip Minangkabau dan Naskah Tuanku Imam Bonjol yang sedang dinominasikan sebagai Memory of the World oleh UNESCO.

Festival Muaro Padang: Semarak Budaya "Tempo Doeloe" Menanti Pengunjung dan Wisatawan

Festival ini juga menjadi panggung bagi 11 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat untuk memamerkan Warisan Budaya Takbenda masing-masing. Mulai dari tarian, musik tradisional, kuliner, hingga sastra lisan, semuanya akan hadir dalam perhelatan ini.

Selain itu, kuliner-kuliner lezat juga akan memanjakan lidah pengunjung dengan demo masak. Ada Inti dan Ajik dari Bukittinggi, Pinyaram Pisan dari Solok, Gulai Pongek dari Kab 50 Kota, Nasi Baka Padang Panjang, hingga Subet, Kapurut Sagu, dan Batra dari Kab Kepulauan Mentawai.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Provinsi Aceh, Kalimantan Timur, Riau, dan Sumatera Selatan juga akan memamerkan kekayaan Warisan Budaya Takbenda mereka masing-masing. Riau akan memukau dengan Pantun, Sumatera Selatan dengan Senjang, Aceh dengan keindahan Tari Saman, dan Kalimantan Timur akan mempesona dengan Tarian Kancet Lasan.

Baca juga: Payakumbuh Kota Festival Budaya, Ini Visi Ketua DPRD Sumbar

Halaman Selanjutnya
img_title