Jokowi Didesak Copot Pj Bupati yang Teken Pakta Integritas Menangkan Ganjar

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencopot Pj Bupati Sorong, Yan Piet Moso, dan Kabinda Papua Barat, karena diduga menandatangani pakta integritas untuk mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Jamiluddin menilai, pakta integritas tersebut merupakan bentuk intervensi aparat negara dalam Pilpres 2024. Dia mengatakan, Pj Bupati Sorong dan Kabinda Papua Barat tidak akan bisa bersikap netral dalam Pilpres 2024 karena telah terikat dengan pakta integritas tersebut.

"Jokowi harus tegas terhadap inisiator dan pelaksana terwujudnya Pakta Integritas. Mereka ini harus diberi sanksi berat, termasuk memecat mereka dari jabatannya. Hanya dengan begitu, netralitas pejabat di daerah dapat diwujudkan dalam Pilpres 2024," kata Jamiluddin.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Jokowi didesak mencopot Pj Bupati Sorong dan Kabinda Papua Barat yang diduga menandatangani pakta integritas untuk mendukung Ganjar Pranowo. Presiden juga diminta menindak tegas inisiator dan pelaksana pakta integritas tersebut.