TKN Prabowo-Gibran Kirim Surat Keberatan ke KPU soal Hak Siar Debat Ketiga Pilpres

Debat Capres-Cawapres Pertama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengirimkan surat keberatan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI perihal hak siar debat ketiga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. TKN meminta KPU menukar stasiun televisi swasta sebagai pelaksana debat ketiga pilpres agar tidak hanya dari MNC Group.

Prabowo Subianto Sambut Hari Buruh 2024 dengan Harapan Indonesia Emas

Sekretaris TKN Nusron Wahid mengatakan bahwa keberatan tersebut diajukan karena adanya dominasi pasar dari MNC Group. MNC Group memiliki empat stasiun televisi yang akan menyiarkan debat ketiga pilpres, yaitu RCTI, Global TV, iNews TV, dan MNC TV.

"Kebetulan pemilik MNC Grup itu, pemiliknya adalah ketua umum partai, yang juga mendukung paslon tertentu. Jadi, ya, mohon maaf, kami terpaksa mengirim surat, supaya ada pemerataan dan check and balance," kata Nusron.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, juga meminta TV swasta yang memegang hak siar debat ketiga pilpres untuk menjaga independensinya.

Debat ketiga calon presiden yang diselenggarakan oleh KPU RI bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat akan diselenggarakan pada 7 Januari 2024.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan