Jokowi: Beli Pupuk Bisa Pakai KTP, Tak Perlu Kartu Tani

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa petani bisa membeli pupuk dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebelumnya, petani harus menggunakan kartu tani untuk dapat membeli pupuk untuk kebutuhan sawah dan ladang mereka.

Jokowi Melakukan Kunjungan Kerja di Provinsi Nusa Tenggara Barat

"Kemarin kan sudah saya sampaikan, sekarang pembelian pupuk tidak harus pakai kartu tani, bisa pakai KTP,” kata Jokowi, mengutip dari laman Setkab, Jumat (5/1/2024).

Selain itu, Presiden meminta petani untuk meningkatkan produksi tanaman padi. Karena menurutnya awal Januari hujan sudah mulai turun yang berarti kebutuhan air untuk menanam padi sudah tercukupi.

Pemkab Solsel Bentuk Komite Pengawasan Pupuk Bersubsidi, Jaga Distribusi Tepat Sasaran

“Iya, saya ingin memastikan bahwa di awal Januari ini mulai menanam semuanya karena hujan sudah turun, air berarti, kebutuhan air sudah tercukupi dari hujan, sehingga tanem,” ujar Jokowi.

Penanaman padi ini sudah berlangsung pada tahun 2023, di bulan Januari hingga Desember dan akan mulai dilakukan penanaman padi untuk peningkatan produksi di masa panen tahun ini.

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat

“Di Desember kita tanam 1,4 juta hektar, di Januari 1,7 juta hektar, kemudian di Februari 1,4 juta hektar. Sehingga, apa kita harapkan ada peningkatan produksi beras kita di masa panen di bulan Maret-April yang akan datang”, kata Jokowi.

Presiden juga menyampaikan sudah menyiapkan untuk masa panen dari pupuk Indonesia dan berharap mencukupi kebutuhan para petani.

Halaman Selanjutnya
img_title