Jokowi Minta Harga Beras di Tingkat Petani Tetap Terjaga, Impor 2 Juta Ton Dilakukan Sebelum Panen R

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi
Sumber :
  • Humas Setkab/Agung

PadangArief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta agar ketersediaan stok beras nasional tetap mencukupi, bahkan hingga peak season. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemerintah akan melakukan impor beras sebanyak 2 juta ton.

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Arief mengatakan, defisit persediaan beras nasional sekitar 2,8 juta ton akibat dampak El Nino pada Januari hingga Februari 2024 akan dipenuhi dengan program impor beras. Pelaksanaan importasi tersebut, kata Arief, akan dilakukan sebelum panen raya.

“Tahun lalu Pak Presiden sudah menyetujui dalam rapat internal untuk melakukan importasi dua juta ton. Syaratnya memang harga di tingkat petani tetap dijaga baik seperti hari ini. Jadi balance itu, mudah-mudahan bisa di-cover. Lalu ada catatan, sebelum panen raya sudah harus masuk,” ujar Arief.

Pemerintah Kota Padang Panjang Gelar Gerakan Pangan Murah

Arief menegaskan, pihaknya terus berupaya untuk menjaga harga di tingkat petani. Importasi beras yang dilaksanakan untuk memastikan stok CBP yang kuat, imbuhnya, akan beriringan dengan terjaganya harga di tingkat petani.

“Kebutuhan kita satu bulan sekitar 2,5 sampai 2,6 juta ton. Dua bulan itu, akibat El Nino ini, Januari-Februari kita kekurangan sekitar 2,8 [juta ton], tapi kita akan cover dengan yang carryover 2023 dan importasi yang masuk di 2024,” tandasnya.

Bantuan Beras Bapanas Bantu Kendalikan Inflasi di Padang Panjang

Selain beras, pemerintah juga terus berupaya memastikan kecukupan pasokan dan stabilitas harga kebutuhan pokok lainnya, terutama dalam menghadapi bulan Ramadan dan Idulfitri mendatang.

“Walaupun masih lama Idulfitri tapi persediaan hari ini sudah mulai dibahas. Itulah Presiden kita, jadi persiapan jauh hari. Oleh karena itu, kalau kemarin lebaran terkendali, Nataru terkendali karena memang persiapan dari jauh-jauh hari jadi beras, seluruh bahan pokok dipersiapkan dari sekarang walaupun Lebaran-nya masih lama,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Halaman Selanjutnya
img_title