Rocky Gerung: Surya Paloh Lebih Baik Tenggelam Bersama Anies

Anies Baswedan dan Nasdem Surya Paloh
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Jelang Pilpres 2024, dinamika politik semakin menghangat. Salah satu isu yang muncul adalah rencana pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

Pengamat politik Rocky Gerung menilai isu pertemuan Megawati dan Paloh muncul karena adanya desakan dari bawah. Dia menyinggung status Surya Paloh dan Nasdem yang masih menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi.

Rocky mengatakan, Paloh harus bertanggung jawab atas pilihannya untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Jika Paloh mundur dari ide perubahan total, maka publik akan mundur dan Nasdem akan kena getahnya.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Menurut Rocky, lebih baik Paloh tenggelam bersama Anies di Pilpres 2024. Posisi itu lebih baik dibandingkan Paloh dan Nasdem berada di koalisi pendukung pemerintahan Jokowi.

Rocky juga menilai Paloh memahami peluang Anies bersaing jika disertai dengan gerakan lebih masif secara politis. Dia mengatakan, selama ini publik ragu apakah Paloh sepenuh hati mendukung Anies atau tidak.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Rocky menilai, upaya komunikasi untuk Paloh bertemu Megawati bisa menjadi pembeda yang diperlihatkan ke publik. Dia mengatakan, pertemuan itu bisa menunjukkan bahwa Surya Paloh dan Megawati sama-sama membangun front anti-Jokowi.

Nasdem yang diketuai Paloh merupakan salah satu parpol pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres cawapres di Pilpres 2024. Sementara, PDIP yang dipimpin Megawati adalah parpol utama pengusung duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD.