Santriwati Pondok Pesantren Khas Kempek Tanya Program Prioritas Ganjar-Mahfud untuk Pesantren

Siti Atikoh Suprianti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

PadangPada Selasa, 30 Januari 2024, Siti Atikoh Supriyanti, istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, memberikan paparan dalam acara bertajuk 'Seminar Kesehatan Remaja Putri' di Pondok Pesantren Khas Kempek, Gempol, Cirebon, Jawa Barat. Dalam acara tersebut, Atikoh juga berkesempatan menjelaskan program unggulan Ganjar-Mahfud untuk lingkungan pondok pesantren (Ponpes).

Pesantren Ramadan 1445 Hijriah di Kota Padang Dimulai

Awalnya, salah seorang santriwati bernama Lulu, memberikan pertanyaan kepada Atikoh di sela-sela dialog berlangsung. Lulu menanyakan, "Jika Pak Ganjar terpilih sebagai Presiden RI tahun 2024, apa program prioritas Ibu Atikoh di Pesantren?"

Atikoh pun menjelaskan, bahwa program prioritas pertama tentu terkait Undang-undang yang sudah ada soal Dana Abadi Pesantren. Hal ini untuk memastikan bahwa pesantren memiliki sumber daya yang memadai untuk mendukung kegiatan pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

87.304 Pelajar Ikuti Pesantren Ramadan di Kota Padang

Selain itu, Atikoh juga menjelaskan bahwa Ganjar-Mahfud memiliki program santripreneurship. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi santri dalam bidang kewirausahaan, sehingga mereka dapat menjadi lebih mandiri dan berdaya saing.

Atikoh mengatakan, program santripreneurship ini akan dikolaborasikan antara pesantren, pemerintah, dan dunia usaha. Dengan demikian, santri dapat memperoleh bekal yang seimbang, antara akhlak, ilmu agama, kewirausahaan, dan keterampilan lainnya.

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat

Ganjar-Mahfud juga memiliki program beasiswa bagi para santri dan santriwati berprestasi. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua santri untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi.

Selain itu, Ganjar-Mahfud juga memiliki program pemberian insentif bagi para guru dan pengajar agama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan motivasi para guru agama, sehingga mereka dapat memberikan pendidikan yang lebih berkualitas.

Halaman Selanjutnya
img_title