Program Guru Ngaji Dapat Gaji Cara Ganjar-Mahfud Angkat Kesejahteraan Guru Mengaji

Ganjar-Mahfud
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Padang – Guru ngaji dan guru keagamaan non-formal lainnya, menjadi ujung tombak bagi pembelajaran keagamaan, pengembangan karakter dan akhlak anak bangsa. Namun, kesejahteraan mereka banyak terlupakan.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menggagas program ‘Guru Ngaji Dapat Gaji’ untuk mengangkat kesejahteraan guru mengaji dan guru keagamaan non-formal lainnya.

Kata Ganjar, ada jutaan guru ngaji yang bertanggungjawab membentuk pengetehuan dasar agama, pembentukan karakter dan akhlak, terhadap puluhan juga anak di Indonesia, namun kesejahteraan mereka luput dari perhatian pemeritah.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

“Semua orangtua pasti pingin punya anak yang saleh-salehah. Anak yang pandai mengaji, berbakti dan selalu berdoa untuk kedua orangtuanya. Siapa yang bisa ngajari itu? Ya, salah satunya, guru ngaji,” kata Ganjar, Jumat 9 Februari 2024.

“Jasa guru ngaji luar biasa besarnya. Tapi apakah penghargaan yang kita berikan sudah cukup untuk membalas jasa mereka? Yang pasti, sampai sekarang masih banyak guru ngaji kerepotan mencukupi kebutuhan dapurnya sendiri,” kata Ganjar.

Ganjar-Mahfud Hanya Raih Kemenangan di Boyolali dan Wonogiri, Menempati Posisi Terakhir di Jateng

Ganjar-Mahfud akan memberikan gaji atau tunjangan sebesar Rp1 juta per bulan kepada para guru ngaji dan pengajar non-formal agama lain, lelaki maupun perempuan. Program ini menargetkan ada sekitar 1 juta guru ngaji dan pengajar agama lainnya yang bisa mendapatkan tunjangan kesejahteraan tersebut.

Seperti diketahui, saat ini jumlah guru ngaji di Indonesia terbilang cukup banyak. Bahkan menurut data dari Badan Komunikasi Remaja Masjid, Indonesia, saat ini ada 928 ribu orang guru ngaji, itupun masih banyak yang belum tercatat. Belum lagi, pengajar non-formal agama lain.

Halaman Selanjutnya
img_title