Dua Orang Meninggal Dunia Tertimbun Tanah Longsor di Kabupaten Blitar

Pencarian Korban Longsor Blitar
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Banjir di Penajam Paser Utara Sudah Surut

Peristiwa tanah longsor yang terjadi pada Minggu sore kemarin, terjadi karena adanya kontur tanah yang labil di ketinggian 20 meter dan menyebabkan longsoran sedalam lima meter. 

"Berdasarkan data yang dihimpun, selain dua orang yang meninggal dunia, terdapat dua korban jiwa lainnya yang di antaranya satu orang luka-luka dan satu orang lainnya masih dalam pencarian,"kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin 1 Juli 2024. 

Pemko Padang Turunkan Alat Berat Bersihkan Material Longsor

Hingga siaran pers ini diterbitkan kata Abdul, korban hilang masih belum ditemukan dan proses pencariannya masih dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Blitar. Sedikitnya dua alat berat dikerahkan guna membantu proses pencarian tersebut. 

"Korban jiwa yang berjumlah empat orang ini di antaranya adalah pekerja peternakan ayam dan satu orang lainnya adalah pemilik kandang ayam,"ujar Abdul.

BNPB Siapkan Strategi Cegah Kebakaran TPA Suwung

Abdul menambahkan, berdasarkan kaji cepat yang dilakukan BPBD setempat, adapun kerugian materil yang disebabkan dari longsor ini meliputi bangunan kandang ayam sebuah peternakan yang tertimpa tanah longsor. 

"Selain pencarian korban hilang, BPBD Kabupaten Blitar bersama tim gabungan juga melakukan pembersihan material longsoran di lokasi terdampak,"tutupnya.