Tak Diterima di SMA Negeri! Jalur Zonasi PPDB Online, Membuat Orang Tua Peserta Calon Didik Kecewa

Ilustrasi SMA
Sumber :
  • Istimewa

PadangPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA serta jalur zonasi yang dilakukan secara online. Sejumlah orang tua calon peserta didik baru di Kota Payakumbuh merasa sedih dan kecewa karena anak mereka tidak bisa diterima di SMA Negeri, melalui jalur prestasi.

Pemkab Solsel Luncurkan Program Nagari Tageh Suka Sapi Suka Durian

Hal tersebut disampaikan Ujang, salah satu orang tua yang mengetahui anaknya tak diterima disalah satu SMA Negeri di Payakumbuh, Senin (3/7/2023).

"Anak kami cuma mendaftar ke satu sekolah, itupun gagal juga. Entah bagaimana nantinya, tidak tau lagi kemana akan bersekolah," ujarnya. 

Bimtek Digitalisasi Guru SMK se-Kota Payakumbuh Tahap II Resmi Ditutup

Hal yang sama, juga dirasakan oleh ratusan wali murid lainnya. Mereka tak tahu lagi kemana akan mengadu. Di cari kepala sekolah, terkadang sulit ditemui. Dihubungi nomor tidak menjawab.

Kerisauan dan kesedihan menyelimuti para orang tua tersebut, karena belum ada kepastian untuk kelanjutan pendidikan buah hati mereka.  

Ekspo SMK 2024 dan Upaya Pembangunan Pariwisata Payakumbuh

Terkait hal tersebut, tokoh muda Luak Limopuluah Muhammad Bayu Vesky meminta Pemprov Sumbar terutama, Gubernur dan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar agar memberikan solusi atas permasalahan PPDB ini. 

Apalagi, menurutnya, Kota Payakumbuh berangsur-angsur menuju kota pendidikan sehingga menjadi daya tarik bagi warga di luar kota tersebut, untuk mengenyam pendidikan di daerah itu. 

Halaman Selanjutnya
img_title