Pemprov Sumbar Targetkan 60 Ribu Pelaku Usaha Dapat Sertifikat Produk Halal Gratis

Ilustrasi Rendang. Foto/Nugie-Padang Viva
Sumber :

Padang – Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Pemprov Sumatera Barat, Erinaldi menyebut jika pihaknya menargetkan sebanyak 60 ribu pelaku usaha khususnya Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM), memperoleh sertifikasi produk halal secara gratis dari pemerintah. 

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Menurut Erinaldi, selama ini masyarakat di Ranah Minang yang mayoritas muslim merasa sudah memiliki branding halal dalam kesehariannya. Meski demikian, semestinya harus diterjemahkan secara lebih konkret sesuai amanat Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk halal.

"Rata-rata kita kalau pergi ke daerah yang banyak non muslim, nyarinya Rumah Makan Padang. Tapi branding ini perlu kita patenkan, karena kita juga menemukan di Sumbar soal hal-hal yang mengkhawatirkan status halal ini. Sumatera Barat merupakan daerah yang beradat, makan dan minum haruslah selalu halal,"kata Erinaldi, Selasa 18 Juli 2023.

Bawa Ganja Ratusan Kilo, Oknum Polisi Padang Panjang Ditangkap 

Erinaldi bilang, dibutuhkan strategi dan sinergitas dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mempercepat realisasi sertifikasi produk halal ini. Hingga hari ini data kita menunjukkan baru 10 persen. Artinya, kita memerlukan strategi bersama-sama untuk menyelesaikan 60 ribu sertifikat halal bagi UMKM. 

"Jadi, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama nanti yang mengeluarkan, kita segerakan memfasilitasi warga masing-masing,"ujar Erinaldi.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Erinaldi melanjutkan, korelasi erat antara Visi Misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan program sertifikasi produk halal bagi pelaku usaha atau UMKM.

"Terwujudnya Sumbar madani yang unggul dan berkelanjutan. Terkait hal ini didalamnya ada program 100 ribu milenial entrepreneur, yang akan dilakukan penguatan. Harapannya 100 ribu milenial preneur ini akan memberikan warna terhadap UMKM Sumatera Barat,"tutup Erinaldi.