Pesilat dari Tujuh Provinsi Bakal Ramaikan Festival Silat Tradisi Nusantara di Sumbar

Ketua IPSI Sumbar, Supardi (tengah)
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Para pesilat dari tujuh Provinsi bakal hadir di helatan Festival Silat Tradisi Nusantara yang akan dibuka secara resmi di kota Payakumbuh, Sumatera Barat 31 Juli hingga 3 Agustus 2023. Ketujuh Provinsi itu antara lain, Kepulauan Riau, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan, Bali

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

"Keputusan Musyawarah Tuo Silek (MTS) tahun lalu memutuskan untuk memperbanyak program yang berkaitan dengan tradisi. Saya menjalankan amanat itu (MTS),"kata Ketua IPSI Sumatera Barat, Supardi, Rabu 19 Juli 2023.

Menurut Supardi, program ini merupakan gabungan silat tradisi yang ada di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan silek yang ada di tengah masyarakat. 

Bupati Solok Selatan Ajak Masyarakat Ramaikan Balimou Season III dan Evaluasi Kinerja OPD

"Dengan begitu akan terjadi saling "lirik", apakah ada trik dari silek yang bisa disaring untuk silat prestasi atau sebaliknya,"ujar Ketua ketua DPRD Sumbar ini.

Supardi menjelaskan, Festival Silat Tradisi Nusantara tahun ini terdiri dari dua kategori yakni, berpasangan dan tradisi. Berpasangan untuk putra dan putri remaja. Sedangkan Silek, akan menampilkan kekayaan silek yang belum muncul selama ini.

Batra, Ulat Sagu Kaya Protein yang Jadi Kuliner Khas Andalan Tanah Sikerei 

"Seluruh keterampilan di sasaran berkaitan dengan silek. Kami ingin mencari variasi yang masih hidup di tengah masyarakat. Misal, rantai api. Atau malah kami saat berkeliling Sumbar mendengar ada Silek Karo. Memang keranya yang bersilat. Menurut orang yang sempat menyaksikan, simpia-nya tak kalah halus dengan manusia," kata Buya Zuari Abdullah, kurator festival. 

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan Sexri Budiman bilang, menurut rencana acara pembukaan akan berlangsung sejak sore. Pawai keliling kota Payakumbuh dengan sasaran-sasaran yang ada serta pesilat dari daerah lain. 

Halaman Selanjutnya
img_title