Beragam Kekayaan Silat di Nusantara Bakal Meriahkan Festival Silat Tradisi 2023

Pertunjukkan Silat
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Festival Silat Tradisi Nusantara (FSTN) yang akan diselenggarakan di kota Payakumbuh 31 Juli gingga 3 Agustus 2023, bakal dihadiri oleh perguruan-perguran silat dari Provinsi-provinsi se-Indonesia, salah satunya Jawa Tengah.

DPRD Sumbar Bentuk Pansus RPJPD 2025-2045 

Dari Jawa Tengah, akan datang Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Rumpun Setia Hati. Organisasi ini, memayungi beragam perguruan Setia Hati yang memiliki latar sejarah cukup panjang, merentang hingga awal abad ke-20. Berakar dari gaya pencak dan filosofi silat tersendiri yang mula-mula tersebar terutama di Surakarta dan Madiun.

"Persaudaraan Rumpun Setia Hati (PRSH) memiliki gaya yang unik dalam bersilat. Silat yang berkembang di Jawa Tengah, punya keunikan dan ke-khas-annya tersendiri, dalam hal ini PRSH," kata Kurator FSTN 2023, Buya Zuari Abdullah, Sabtu 22 Juli 2023.

Jenderal Fadil Imran, Keturunan Raja Gowa yang Menjadi Kabaharkam Polri

Peneliti silat itu menambahkan, ia masih bagian dari tradisi silat di nusantara yang sedikit banyaknya berkaitan dengan silek minang. Ini menunjukkan betapa kayanya silat di nusantara. Kekayaan silat nilah yang menurutnya harus terus dirawat.

Selain Jawa Tengah kata Buya Zuari, FSTN 2023 juga akan dihadiri perguruan-perguruan silat dengan beragam aliran dari Kepulauan Riau, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dengan Sumatera Barat sebagai tuan rumah. Di samping silat tradisi, dalam FSTN 2023 juga akan ditampilkan silat prestasi berpasangan remaja putra dan putri.

Ketua DPRD Sumbar Ingatkan Penerima Bantuan Hibah Bibit Ikan dan Sapi Taat Aturan

Terpisah, Ketua IPSI Sumbar, Supardi berharap dengan bertemunya perguruan-perguruan silat dari berbagai wilayah, kekayaan silat di nusantara bisa terus dieksplorasi. Lebih jauh, ia menyebut jika FSTN 2023 ini bisa menjadi ajang ‘saling lirik’ antara silat tradisi dan silat prestasi.

Menurutnya, dalam festival ini silat prestasi bisa jadi menemukan trik baru yang bisa diolah lebih jauh berkat perjumpaan dengan silat tradisi, begitupun sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
img_title