Pesona Hoyak Tabuik Kota Pariaman Masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024

Event Tabuik Pariaman 2017
Sumber :
  • Humas Pemko

PadangPesona Hoyak Tabuik Kota Pariaman, Sumatra Barat, masuk dalam 110 Kalender Event Nasional atau Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Darussalam Solsel

"Tidak dapat dipandang sebelah mata, pencapaian ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah Kota Pariaman," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi saat menghadiri Festival KEN 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada Sabtu 27 Januari 2024.

Ferialdi mengatakan, sejarah dimulai dari tahapan administrasi. Yakni meminta Pemerintah Kota Pariaman menyusun data, narasi, dan dokumen terkait proses Tabuik, dari awal upacara hingga dibuang ke laut.

Lembah Harau, Surga Tersembunyi di Tanah Minangkabau yang Mirip Desa Konoha Naruto

Selanjutnya tim kurator dari Provinsi Sumatra Barat melakukan penilaian. Dari 19 kabupaten/kota yang mengajukan event, Kota Pariaman muncul dalam 10 besar penilaian tingkat provinsi. Lalu dihadapkan ke kurator tingkat nasional, yang terdiri dari kalangan profesional dan pihak berkompeten. 

Ferialdi menegaskan, daerah yang ivenya masuk dalam KEN akan mendapatkan support, supervisi, dan dukungan anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Penutupan Sementara Bandara Internasional Minangkabau, Belasan Penerbangan Berpotensi Terdampak

“Alhamdulillah Kota Pariaman masuk dalam dalam 6 kab/kota di Sumbar yang lolos seleksi dan masuk dalam 110 iven KEN 2024 yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia," ujar Feriadi.