Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar, Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Sebesar Rp137 Miliar

Ilustrasi jalan rusak dan berlobang
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Medi Iswandi, mengumumkan bahwa pada Tahun 2024 ini pihaknya mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar sebesar Rp137 miliar untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Kabupaten Tanah Datar.

Generasi Milenial Sumbar Diajak Cegah dan Berantas Perundungan

"Pemprov Sumbar mengalokasikan anggaran sebesar 137 miliar untuk perbaikan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Tanah Datar," kata Medi Iswandi, Minggu 31 Maret 2024.

Medi menjelaskan bahwa, ruas jalan yang direncanakan untuk diperbaiki antara lain Jalan Ombilin - Batusangkar dengan anggaran sebesar Rp20 miliar, yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan dan diharapkan dapat dimanfaatkan pada Lebaran tahun ini. Kemudian, ruas jalan Sawahlunto–Pagaruyung akan diselesaikan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp1,5 miliar.

Sempat Lumpuh, Rute Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui 

Selanjutnya kata Medi, untuk ruas jalan Halaban–Lintau–Sitangkai dengan anggaran sebesar Rp98 miliar, akan dikerjakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar. Saat ini, progresnya sedang dalam proses tender.

Sementara itu, untuk ruas jalan Baso/Piladang-Batusangkar, biaya perbaikannya akan diambil dari sisa tender Inpres Jalan Daerah (IJD) Piladang sebesar Rp6 miliar, dan tambahannya akan dialokasikan pada APBD Perubahan Tahun 2024 ini.

Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

"Tahun 2024 ini juga ada bantuan penguatan infrastruktur dari Pemprov Sumbar kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp17,5 miliar. Diharapkan, pemanfaatannya dapat selesai sebelum Agustus tahun ini,"ujar Medi.

Medi meyakini bahwa dengan besarnya anggaran tersebut, persoalan jalan rusak yang selama ini menjadi keluhan masyarakat dapat diselesaikan dengan baik.

Halaman Selanjutnya
img_title