Dua Siswa Padang Panjang Bawa Pulang Ilmu Dari Ajang Asean Seminar and Forum Edu Tourism

Asean Seminar and Forum Edu Tourism
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Dua siswa berprestasi, Irche Aulia Chantika dari SMK Negeri 1 dan Raffi Alfagani dari SMA Negeri 2, kembali ke tanah air dengan membawa segudang pengalaman dan ilmu berharga setelah mengikuti Asean Seminar and Forum Edu Tourism di University Terengganu, Malaysia, pada akhir Juni 2024.

Upaya Pemprov Sumbar Percepat Relokasi Korban Bencana Lahar Dingin di Tanah Datar

Berlangsung selama lima hari, acara ini mempertemukan 156 siswa tingkat SLTA dari Indonesia, Brunei, Kamboja, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand selatan untuk mendalami potensi Community Based Tourism (CBT) di masing-masing negara. 

Di bawah bimbingan para ahli, para peserta bertukar ide dan gagasan tentang bagaimana pariwisata dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal melalui program CBT.

Sumbar Tegas Dukung PPDB yang Objektif Demi Pemerataan Kualitas Pendidikan

“Kami belajar banyak tentang industri pariwisata dan konsep homestay, bahkan diajarkan langkah-langkah untuk menjadi wirausaha sebagai sumber pendapatan alternatif. Interaksi antar peserta berlangsung dengan hangat, di mana mereka saling bertukar ide tentang kemajuan pariwisata di negara masing-masing,"kata Raffi, Kamis 4 Juli 2024 .

Lebih lanjut, Raffi menceritakan bahwa para peserta juga diajak mengunjungi tiga sekolah terbaik di Kabupaten Kuala Terengganu dan Kuala Nerus sebagai bagian dari kegiatan Eksplorasi Nusantara. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan saling memahami budaya antar siswa ASEAN.

Sumbar Gencar Kembangkan Wisata Halal

Menurut Raffi, keikutsertaan siswa-siswi Indonesia dalam Asean Seminar and Forum Edu Tourism ini merupakan hasil dari kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Dewan Pendidikan Malaysia. 

Terpisah, Fahmi Kamal, Ketua Perhimpunan Homestay Sumatera Barat (PHSB) Kota Padang Panjang, yang didampingi oleh Sekretaris Muhamad Ilham, menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi dalam merealisasikan program ini.

Halaman Selanjutnya
img_title