44 Seniman Rupa dan Mixmedia Gelar Pameran di Galeri Taman Budaya Sumbar

Live painting dalam Pameran Seni Rupa Nasional
Sumber :
  • Istimewa

Padang – Sebanyak 44 seniman rupa dan mixmedia lakukan pameran seni rupa nasional bertajuk Move di Galeri Taman Budaya Padang selama satu pekan yaitu sejak tanggal 20-25 Juni 2024.

Tato David Da Silva Menggambarkan Kekuatan dan Keberanian

Pameran seni rupa ini dihelat oleh Komunitas Kaday Loket Solok dan melibatkan 15 daerah di Indonesia seperti Malang, Jogja, Semarang, Jakarta,Riau, Batam, Pematang Siantar, Medan, Solok, Padang, Payakumbuh, Padangpanjang, Pesisir Selatan, Talang Babungo, dan Batusangkar.

Ahlan M.Nur, kurator pameran, pada pembukaan pameran “Move” tanggal 20 Juni 2024 mengatakan istilah Move diambil dari bahasa Inggris, artinya gerak yang konsisten dan berkelanjutan.

Penyair Luar Negeri dan Seniman Indonesa Lintas Disiplin Apresiasi Penyelenggaraan PPF 2023

“Setahun ini Kaday Loket konsisten melakukan kegiatan seni rupa. Tema Move menjadi pengingat bahwa kita selalu bergerak untuk berkarya dan membagikan pengetahuan ke khalayak luas. Pameran ini juga kami maknai sebagai perayaan atas kerja kesenian yang sudah dilakukan Kaday Loket selama ini,” ujar Ahlan. 

Ahlan menjelaskan ke-44 seniman muda yang berpameran dijaring melalui undangan dengan kriteria seperti lama berkarya, karya diproduksi antara tahun 2021 -2024, dan kesediaan untuk mengirim karya sesuai tema yang sudah ditentukan penyelenggara.

PAPRI Sumbar Minta Perhatian Pemerintah untuk Kesejahteraan Seniman Mi

“Kita mendorong agar perupa perempuan juga ikut memamerkan karyanya. Dari 44 seniman, 6 diantaranya adalah perupa perempuan,” katanya.

Sementara itu, ada 6 perupa perempuan terlibat dalam pameran seni rupa nasional ini yaitu Firly Yasmin Innayah (Pesisir Selatan), Mimi Batik (Solok), Nadhiva Fadillah (Solok), Rara Almada Mutiara (Bengkulu),  Salsabila Azzahra S (Medan), dan Katharizah Hura (Riau).

Halaman Selanjutnya
img_title