Pameran Seni Rupa Bertajuk 'Pulang' dari Komunitas Belanak Resmi Dibuka

Suasana pameran Komunitas Seni Belanak
Sumber :
  • Istimewa

PadangKomunitas Seni Belanak buka pameran berjudul 'Pulang' di Taman Budaya Sumatera Barat, Kota Padang pada Rabu 4 September 2024. 

Hadir di Pameran 'Pulang', Ini Harapan Seniman Nasional Edi Bonetski 

Kegiatan ini akan berlangsung hingga Sabtu 7 September 2024 sebagai perayaan ulang tahun Komunitas Seni Belanak ke-21 tahun yang telah berdiri sejak 2003 dan telah mengumpulkan hingga mengorbitkan para perupa yang aktif berkarya hingga saat ini.

Ketua Komunitas Seni Belanak, Novando Mushil mengatakan ada 31 perupa yang menyumbangkan karyanya ke dalam pameran ini. 

Rangkul Berbagai Kalangan Lewat Pameran Seni Rupa, Belanak dapat Apresiasi dari Pegiat Seni

"Para seniman rupa itu ada yang berasal dari dalam komunitas Belanak dan juga terdapat pengkarya dari luar komunitas yang pada intinya, kegiatan ini bersifat inklusif dan membawa semangat kebersamaan," ujar pria yang biasa dipanggil Nando itu, Kamis 5 September 2024.

Ia menjelaskan pemilihan tema 'Pulang' ini juga sesuai dengan semangat untuk mengumpulkan kembali para seniman jebolan Komunitas Seni Belanak yang sudah berkiprah di berbagai tempat untuk kembali berkumpul dan berkarya di tempat mereka tumbuh bersama.

Festival Merah Putih Semarakkan HUT RI di Padang Panjang, Sajikan Berbagai Lomba Menarik

Hal ini sejalan dengan catatan kuratorial dari Syahrial Yayan yaitu tema dan judul 'Pulang' berkaitan dengan semangat untuk mencari serta menggali kembali nilai-nilai yang pernah terkikis oleh dampak negatif kemajuan zaman modern. 

"Nilai tersebut antara lain dapat diartikan sebagai adat dan tradisi yang bermanfaat dalam menyelesaikan masalah kehidupan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title