Peringatan Hari Ginjal Sedunia di Solok Selatan: Menuju Masyarakat Peduli Kesehatan Ginjal

Pendaftaran pemeriksaan kesehatan di Solok Selatan
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Kabupaten Solok Selatan menjadi tuan rumah Peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) wilayah Sumatera Barat.

Pengungsi Sungai Manau Sudah Kembali ke Rumah, Pemerintah Minta Warga Waspada

Acara ini ditandai dengan pemeriksaan kesehatan dan seminar yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Sejak 14 Maret 2024, PERNEFRI telah memulai kampanye kesehatan ginjal melalui website dan media sosial. Puncak acara pada hari Sabtu kemarin diramaikan dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis penyakit dalam, dan skrining kesehatan gratis oleh Prodia.

DPRD Apresiasi Capaian Kinerja Pemkab Solsel 2023

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi PERNEFRI Sumbar-Riau-Kepri dengan Pemkab Solok Selatan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan ginjal," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, dr. Pendewal dikutip dari siaran resminya, Senin 6 Mei 2024

Koordinator Pernefri Sumbar Riau Kepri, Dr. dr. Harnavi Harun menyebut, dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan di Sumatera Barat atas komitmen dan dukungan besar Pemkab Solok Selatan terhadap kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ginjal. 

Dikunjungi Wabup, Pengungsi Sungai Manau Happy

“Dipilih menjadi lokasi peringatan di Sumatera Barat karena Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memiliki perhatian lebih terhadap kesehatan dan terus memberikan support besar kepada kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ginjal,” ujar Harnavi. 

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan kesehatan untuk penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus serta beberapa penyakit lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title