Detik-detik Bripka Ricky Rizal Cerita Jujur Pembunuhan Brigadir J

Bripka Ricky Rizal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

PADANGPengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang lanjutan dalam perkara kasus dugaan pembunuhan Brigadir J pada Selasa, 24 Januari 2023. Agenda sidang tersebut ada tiga terdakwa yang dihadirkan dalam pembacaan nota pembelaan, yaitu Bripka Ricky Rizal, Ferdy Sambo dan Kuat Maruf.

Polres 50 Kota Musnahkan Ganja 10 Kg Hasil Tangkapan Awal Tahun 2024

Bripka Ricky Rizal (Bripka RR) mengaku baru berani jujur menyampaikan kejadian pembunuhan berencana Brigadir J usai dimintai penyidik membaca Alquran. Hal tersebut disampaikan oleh Bripka RR saat pembacaan nota pembelaan atau pleidoi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Selasa, 24 Januari 2023.

Mulanya, Ricky menyampaikan pada 7 Agustus 2024 ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan terkait kasus pembunuhan Yosua. "Hingga pada tanggal 07 Agustus 2022, saya dibawa oleh anggota Provost untuk kemudian akan dilaksanakan Patsus, dan pada tanggal itu juga saya ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan," ujar Ricky.

Panji Gumilang Jalani Sidang Eksepsi, Dijaga Ketat Petugas

Ricky pun dikenakan hukuman penempatan khusus (Patsus) di Mako Brimob Depok. Pada momen ini, Ricky mengaku ditunjukkan berita acara pemeriksaan (BAP) Bharada Richard Eliezer atau Bharada E terkait kasus pembunuhan Yosua. 

"Saya ditunjukkan keterangan dari Richard yang menyebutkan bahwa pelaku penembakan terhadap Almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat semua dilakukan oleh Bapak Ferdy Sambo," kata Ricky.

Viral, Remaja Tanah Datar Tempelkan Kemaluan di Alquran

Setelah itu, Ricky diminta penyidik membaca Alquran. Barulah Ricky berani menyampaikan secara jujur terkait peristiwa berdarah di Duren Tiga. Dia juga mengaku menyesal sempat membohongi penyidik.

"Kemudian saya diminta untuk membaca ayat Alquran, setelah itu saya menuliskan testimoni peristiwa yang terjadi pada tanggal 08 Juli 2022 di rumah Duren Tiga. Sesuatu yang sangat saya sesali, yang seharusnya saya sampaikan dari awal dilakukan pemeriksaan oleh penyidik kepada saya," kata Ricky dilansir dari Viva pada Rabu, 25 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title