Herwyn JH Malonda : Politik dalam Dimensi Akademik Bukan Hal yang Tabu

Herwyn JH Malonda
Sumber :
  • Bawaslu

Padang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengajak pemuda dan mahasiswa melek politik, supaya terlibat dalam terbentuknya kebijakan yang lebih baik lagi.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Hal disampaikan Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Seminar Nasional bertema Harmonisasi Politik dan Akademik dalam Perspektif Penyelenggara Pemilu di Jawa Tengah akhir pekan lalu.

Malonda mengajak mahasiswa dan pemuda berperan aktif mengawasi Pemilu 2024  sehingga melahirkan pemimpin berintegritas.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

"Kami berharap KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan adik-adik mahasiswa berperan dalam penyelenggaraan pemilu, karena pemilu akan melahirkan pemimpin, baik di eksekutif dan legislatif," katanya.

Herwyn memandang politik dalam dimensi akademik bukan hal yang tabu. Menurut Herwyn, segala  pengambilan keputusan dalam negara demokrasi dihasilkan dalam proses-proses politik. Pengambilan keputusan di Indonesia difokuskan pada bagaimama penyelenggara negara bisa melaksanakan tugasnya yang sebagian besar dihasilkan dari proses politik.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

"Kampus merupakan bagian penting yang akan mengontrol proses politik tersebut, sampai pada proses penyelenggaraan pemilu yang akan kita hadapi," paparnya.

Maka dari itu, lanjut Herwyn, untuk menciptakan Pemilu 2024 berjalan jujur, adil, damai dan riang gembira, dibutuhkan partisipasi aktif dari mahasiswa dan pemuda. Kedua elemen masyarakat ini bisa terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif. Pengawasan partispatif adalah bagian manifestasi kedaulatan rakyat yang turut serta bersama Bawaslu mengawasi pemilu.

Halaman Selanjutnya
img_title