Ketika Pasukan Pandawa Kostrad TNI Evakuasi Warga Yang Sakit dari Pedalaman Asmat

Pasukan Yonif MR 411 Pandawa evakuasi Pak Gasing
Sumber :
  • Yonif MR 411 Pandawa

Padang – Sejumlah prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan  (Satgas Pamtas) Mobil, Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa, Kostrad, TNI Angkatan Darat mendatangi salah satu rumah warga di Kampung Mumugu, Distrik Sawa Erma, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Minggu pagi kemarin.

Presiden Ajak Prabowo Makan Bakso Pinggir Jalan

Situasi cukup tegang saat itu lantaran, para Kesatria Pandawa dari Pos Kout Batas Batu ini berupaya menyelamatkan nyawa seorang warga bernama Gasing yang sedang sakit.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Satgas Yonif MR 411/Pandawa yang diterima VIVA Militer,  Pak Gasing dalam kondisi kritis karena menderita sakit keras, dan harus segera dievakuasi ke rumah sakit. Proses evakuasi juga tak mudah, sebab kediaman Pak Gasing berada di pedalaman Papua yang tak bisa ditembus melalui jalur darat.

Pemko Padang Siap Bersinergi Atasi Perubahan Iklim

Akhirnya dengan sigap Pasukan Pandawa mengevakuasi Pak Gasing dari rumah dengan menggunakan tandu darurat seadanya.

Pria 55 tahun itu ditandu dari rumah menuju ke pelabuhan tradisional setempat. Di pelabuhan sebuah speedboat telah disiapkan. Evakuasi dilaksanakan dengan jalur air melewati aliran sungai.

Pertamina Sumbagut Siagakan Posko Medis Gratis di 6 SPBU Selama Nataru

"Dengan menggunakan speedboat akan dibawa ke RSUD Agats," kata Komandan Satgas Yonif MR 411, Letnan Kolonel Inf Subandi dikutip dari laman viva militer, Senin 28 Agustus 2023.

"Dengan menggunakan speedboat akan dibawa ke RSUD Agats," kata Komandan Satgas Yonif MR 411, Letnan Kolonel Inf Subandi. Menurut alumni Akademi Militer 2004 ARUPADATU itu, Pak Gasing terpaksa dievakuasi karena sudah tak mungkin lagi dirawat di rumah. Kondisinya sudah mengkhawatirkan.

Halaman Selanjutnya
img_title