Kreatif, Siswa SDN 12 Padang Panjang Timur Sulap Minyak Jelantah Jadi Sabun

Siswa SDN 12 Padang Panjang Timur Sulap Minyak Jelantah Jadi Sabun
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Para siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Padang Panjang Timur menunjukkan kreativitas mereka dalam mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci yang bermanfaat. Hal ini disampaikan Kepala SDN 12 Padang Panjang Timur, Karnelis, dalam rilis Kominfo Padang Panjang Sabtu Kemarin.

Nagari Kampung Dalam di Sijunjung Dorong Ekonomi Melalui Pasar Inovatif

“Kita mengajak para murid untuk mengolah limbah ini menjadi produk olahan yang bernilai manfaat. Setelah melakukan riset, jadilah limbah ini menjadi sebagai produk sabun cuci,” jelasnya dalam rilis tersebut, dikutip Senin 28 Agustus 2023.

Karnelis menjelaskan bahwa dalam proses pembuatan sabun cuci, bahan-bahan pendukung seperti Na-OH (soda api) dan elemen tambahan seperti serai serta daun sirih digunakan untuk memberikan aroma yang khas. Bahan-bahan tersebut diperoleh melalui sumbangan dari orang tua siswa dan juga sumbangan masyarakat di sekitar sekolah. Sabun hasil kreativitas siswa ini dinamai "Samba," yang merupakan singkatan dari "Sabun dari Limbah."

iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max: Inovasi Terbaru dari Apple yang Menggebrak

“Produk ini juga telah dipasarkan ke berbagai sekolah dan instansi seperti ke SMPN 1, 3, 4, 5, dan 6 Padang Panjang. SMAN 1 Sumbar dan SMAN 3 Padang Panjang. Kantor Lurah Ngalau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Perkim LH, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta ke masyarakat dengan harga Rp 2.000 per buah,” tambahnya.

Tidak sebatas kreativitas, pengolahan limbah minyak ini juga terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini berperan sebagai pendekatan kokurikuler yang memperkuat profil siswa dalam memahami nilai-nilai Pancasila (P5). Karnelis menjelaskan bahwa jenis kegiatan inovatif seperti ini telah diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran setiap semester dengan penekanan pada aspek kewirausahaan.

Ratusan KPM di Padang Panjang Terima Bantuan Atensi Kemensos