Situasi Stabil di Museum Nasional Pasca Kebakaran, Koleksi Berharga Selamat

Tangkapan layar kondisi kebakaran Museum Nasional.
Sumber :
  • viva.co.id

Padang – Kebakaran di Museum Nasional Indonesia telah berhasil dikendalikan pada Sabtu malam, 16 September 2023, berkat respons cepat dari tim pemadam kebakaran, kepolisian. Api yang mengancam berharga koleksi budaya negara ini berhasil dipadamkan pada pukul 22:40.

Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 Jelajahi 7 Kawasan Kearifan Lokal di Indonesia

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB), Ahmad Mahendra, memberikan update terbaru mengenai situasi di Museum Nasional Indonesia.

"Ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak. Api tidak menyebar. Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika, seperti di bagian prasejarah. Sisanya dipastikan dalam keadaan aman. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," sebut Ahmad Mahendra dalam rilis resmi.

Hendri Septa Ajak Generasi Muda Cintai Sejarah

Koleksi-koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran. Meskipun begitu, upaya pemulihan dan restorasi tetap akan dilakukan untuk memastikan koleksi tersebut tetap dalam kondisi terbaik.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim telah memberikan pernyataan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dan prioritas utama BLU MCB saat ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah.

Polri Buka Pintu Bagi Penyandang Disabilitas, Terobosan Baru Dalam Sejarah Rekrutmen

Baca juga: Kebakaran Museum Nasional, Mendikbudristek: Tidak Ada Korban Jiwa

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," jelas Mahendra.

Halaman Selanjutnya
img_title