Satgas Damai Cartenz 2023 Berhasil Lumpuhkan 4 KKB di Pegunungan Bintang

Satgas Damai Cartenz 2023 Berhasil Lumpuhkan 4 KKB
Sumber :
  • Humas Polri

PadangSatgas Damai Cartenz2023 di bawah komando Kombes Pol Faizal Ramadhani terus mencatat prestasi gemilang dalam penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Dalam kunjungan kerjanya di Pegunungan Bintang beberapa hari yang lalu, Faizal memastikan bahwa situasi di Pegunungan Bintang dapat dikendalikan dengan baik oleh aparat keamanan maupun forkopimda.

Gempa Magnitudo 5,4 Getarkan Wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang

Pada Sabtu dini hari, pasukan gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz berhasil meraih pencapaian luar biasa dengan melumpuhkan 4 anggota KKB yang telah lama meresahkan daerah Oksibil, Pegunungan Bintang.

Operasi penegakan hukum ini dilakukan di Kampung Mondusit, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. 

Jokowi Naikkan Gaji PNS dan PPPK 8 Persen Mulai Januari 2024

"Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan 4 anggota KKB di daerah Pegunungan Bintang. Info dari lapangan bahwa terdapat 2 senjata api yang berhasil kami sita," ungkap Kepala Satgas, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, dikutip Sabtu 30 September 2023.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan bahwa saat ini keempat anggota KKB tersebut masih dalam proses evakuasi.

Tiga Anggota Tewas dalam Kontak Senjata dengan Pasukan Gabungan TNI-Polri

"Mohon bersabar ya rekan-rekan, saat ini pasukan di lapangan masih melakukan pembersihan di TKP, mengidentifikasi identitas mereka, dan nantinya, jika memungkinkan, jenazah mereka akan diturunkan dari pegunungan," ujar Bayu.

Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Dafi Bastoni,  menjelaskan bahwa operasi penegakan hukum ini melibatkan berbagai pasukan TNI Polri, termasuk Satgas Gakkum Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopasus Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Batalyon 310/KK Satgas Pamtas, dan personel dari Polres Pegunungan Bintang. 

Halaman Selanjutnya
img_title