SBY Taktikkan AHY Jadi Menteri Jokowi?

Konferensi Pers Ketua Umum Partai Demokrat, AHY.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

Padang – Isu reshuffle kabinet Jokowi memunculkan spekulasi bahwa Partai Demokrat akan mendapatkan jatah kursi menteri. Namun, spekulasi tersebut belum terbukti hingga saat ini.

Masyarakat Merasakan Kesulitan dalam Lima Tahun Terakhir, SBY: Negara Harus Terus Membangun Harapan

Pengamat politik Rocky Gerung menganalisa peluang Demokrat dapat jatah kursi menteri di masa akhir jelang pemerintahan Jokowi. Dia menilai ada beberapa kemungkinan penyebab Demokrat belum mendapatkan jatah kursi menteri, salah satunya taktik SBY.

"SBY sepertinya sedang bermain taktik. AHY sempat dikabarkan akan masuk kabinet, tapi kemudian kabar tersebut dibatalkan. Bisa jadi SBY hanya mengerjai Jokowi," kata Rocky.

Analisis Ekonomi UI:Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Lebih Rendah dari SBY, Namun Mengungguli Era Megawati

Dia menuturkan kemungkinan SBY hanya mengerjai Jokowi karena Demokrat yang awalnya dikabarkan akan masuk kabinet, tapi kemudian dikabarkan tidak jadi masuk. Hal ini bisa jadi karena Demokrat ingin menjaga citranya jelang Pemilu 2024.

Rocky menyebut kemungkinan Demokrat ingin menjaga sikapnya agar tidak terlihat terlalu berambisi untuk masuk kabinet. Bagi Rocky, dengan sikap itu, Demokrat ingin menunjukkan bahwa mereka tidak sepenuhnya mendukung program-program Jokowi.

AHY Ingatkan Bahaya Perpecahan dan Dorong Hilirisasi Tepat Sasaran untuk Kesejahteraan Rakyat