SMRC: Basis Pemilih Jateng Tetap Solid untuk Jokowi, Gibran Belum Kuat

Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Menurut hasil survei Saiful Mujani Research Consulting (SMRC), basis pemilih di Jawa Tengah (Jateng) masih solid untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Hal ini ditunjukkan oleh elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan di Jateng.

Pada pilpres 2019, Jokowi memenangkan suara Jateng hingga 77 persen. Angka tersebut, merupakan angka pendukung Jokowi di luar partai PDIP.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

"Jateng ini memang kita lihat basis PDIP, di mana 2019 Pak Jokowi di sana memenangkan suara sebanyak 77 persen. Itu mayoritas (suara) Jokowi, PDIP hanya 29 persen," ujar Saidiman Ahmad, Peneliti SMRC.

Di Jatim, elektabilitas Prabowo-Gibran naik signifikan, sementara elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD turun. Hal ini menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran masih lebih tinggi di Jatim daripada di Jateng.

Dugaan Kecurangan Pemilu: Agus Rahardjo Laporkan ke Bawaslu RI

Namun, elektabilitas Prabowo-Gibran di Jateng masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa basis pemilih Jokowi di Jateng masih solid.