Mahfud MD: Politik Identitas di Pemilu 2024 Sudah Berkurang

Mahfud MD
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD

Padang – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan bahwa politik identitas di Pemilu 2024 mulai berkurang. Ia mengingatkan agar ketidakadilan harus diperbaiki dengan tujuan pemilu dapat berjalan jujur dan adil.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

"Pemilu nampaknya politik identitas sudah mengurang, tapi mungkin unfairness di dalam pertandingan itu masih perlu diperbaiki agar pemilu berjalan jujur dan adil," ujar Mahfud MD dalam acara 'Tabrak Prof Mahfud' di Surabaya, dikutip Kamis, 11 Januari 2024. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI itu menyebutkan, Pemilu 2024 saat ini mengandalkan perdagangan pengaruh atau trading influence. 

"Tidak menggunakan kekuatan aparat, tidak melakukan apa yang disebut dalam ilmu korupsi itu ada istilah trading influence humans, memperdagangkan pengaruh. Saya punya ini, saya gerakkan orang itu agar memilih ini. Itu namanya trading influence," ucap dia.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Di sisi lain, Mahfud berharap segala kecurangan pemilu bisa ditekan. Selain itu, Mahfud mengatakan trading influence harus dihapuskan dalam pemilu. "Mudah-mudahan bisa dikendalikan agar pemilu kali ini meskipun politik identitas tidak ada, tapi trading influence itu harus bersih di pemilu kita," tuturnya.