Debat Cawapres, Mahfud MD Beberkan Tiga Hal Penentu Masa Depan Indonesia

Cawapres Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

PadangCawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD memaparkan, ada tiga hal yang dapat menentukan masa depan Indonesia. Tiga hal yang dimaksudnya itu, yakni Tuhan, manusia, dan alam.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Debat ini sangat penting karena menyangkut masa depan NKRI dan bangsa Indonesia. Dalam kearifan lokal, misalnya di Jawa dan Bali, ada istiliah Trihitakarana, di Sunda, Jawa Barat ada Tri Tangku," kata Mahfud dalam menyampaikan visi misi debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Mahfud menjelaskan, sejak masa lalu kearifan lokal bangsa Indonesia sudah biasa melakukan langkah-langkah perlindungan atas lingkungan hidup untuk lestarikan alam.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

"Bahkan konstitusi menyatakan, SDA (sumber daya alam) harus dikelola dan digunakan untuk kemakmuran rakyat. SDA kita sangat kaya, tapi pangan belum berdaulat," kata Mahfud.

Mahfud lalu menyoroti jumlah petani yang semakin sedikit. serta lahan pertanian yang juga semakin menyempit. "Tapi subsidi pupuk makin besar, pasti ada yang salah, petaninya sedikit, lahannya sedikti, subsidinya setiap tahun makin naik. Pasti ada yang salah," ujar Mahfud.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Debat cawapres kedua berlangsung, Minggu (21/1/2024). Bertempat di JCC Senayan, Jakarta. Tayangan langsung debat cawapres diselenggarakan stasiun televisi SCTV, Indosiar, dan Metro TV. YouTube KPU RI juga tidak ketinggalan menyiarkan secara langsung.

Ada enam tema dalam debat cawapres kedua ini. Keenam tema itu adalah pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.