Debat Cawapres, Gibran: Kebijakan Hilirisasi Energi Terbarukan Hadirkan Pemerataan Pembangunan

Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

PadangCalon Wakil Presiden 02, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kebijakan hilirisasi pada besarnya potensi energi terbarukan dapat menghadirkan pemerataan pembangunan Indonesia.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Inysa Allah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan," kata Gibran memaparkan visi misi debat keempat di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Menurutnya termasuk melibatkan transisi energi hijau, ekonomi kreatif, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dari belasan juta lapangan kerja tersebut lima juta di antaranya adalah green jobs. 

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

"Green jobs adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Ini adalah peluang tren masa kini dan masa depan," ujarnya.

Selain itu, Gibran juga membahas terkait Reforma Agraria. Ia menegaskan komitmen meneruskan inisiatif Reforma Agraria yang tengah diterapkan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Gibran memaparkan saat ini telah berjalan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sukses mendistribusikan sebanyak 110 juta sertipikat tanah.

"Sebelum adanya program ini, hanya tercapai produksi dan distribusi sebanyak 500 ribu sertifikat. Bayangkan betapa lamanya untuk mengatasi permasalahan tersebut," ungkap Gibran.

Halaman Selanjutnya
img_title