Potensi Indonesia Kembangkan LFP dan Nikel di Industri Hilir Kendaraan Listrik

Baterai mobil listrik Tesla berbasis LFP
Sumber :
  • Insideevs

Padang – Perdebatan soal efektivitas Lithium Ferro Phosphate (LFP) sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik mengemuka sejak dibahas oleh cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, dalam debat Pilpres 2024 keempat yang digelar Minggu malam, 21 Januari 2024 kemarin.

Prabowo Kalah di Ranah Minang

LFP disebut-sebut menjadi saingan dari nikel atau Nickel Manganese Cobalt Oxide (NMC), untuk digunakan sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik. Apalagi, korporasi raksasa seperti Tesla dikabarkan juga telah melirik LFP, sehingga hal itu dianggap mengancam permintaan nikel termasuk dari Indonesia.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi, Nurul Ichwan, mengatakan bahwa sebenarnya Indonesia punya potensi untuk mengembangkan LFP dan nikel di industri hilir, di mana potensi permintaannya masih terbuka lebar.

Kemenangan Prabowo Ternyata Sudah Diprediksi BIN Sejak Lama

Namun, Nurul menyayangkan bahwa pasar baterai kendaraan listrik dalam negeri saat ini masih terbilang rendah, dan diperkirakan baru akan tumbuh sekitar tahun 2035 mendatang.

"Potensi pengembangan industri kendaraan listrik yang menggunakan LFP dan NMC masih punya kemungkinan, saya lihat 2040 atau 2035 masih bisa tumbuh dua-duanya," kata Nurul di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Januari 2024.

Tekad Prabowo Subianto Hilangkan Kemiskinan Dari Bumi Indonesia

Nurul menegaskan, meskipun LFP tengah disorot para pengusaha kendaraan listrik, namun efektifitasnya belum tentu bisa 100 persen menggerus permintaan nikel di seluruh dunia.

"Kalau disampaikan para ahli, seperti Pak Tom Lembong dan ahli lain, itu ada benarnya. Tapi belum tentu 100 persen benar, karena ada sesuatu yang belum terjadi ke depan, dan pada akhirnya demand akan memengaruhi itu semua," ujar Nurul.

Dia menambahkan, kelebihan pasokan (oversupply) nikel yang membuat harganya anjlok, sebenarnya masih menyisakan potensi peningkatan permintaan. Hal itu seiring dengan transisi masyarakat dunia yang berbondong-bondong menuju kendaraan listrik.

"Karena kita di Kementerian Investasi memang menavigasi diri kita sendiri secara cermat, untuk bermanuver di market yang sedang dinamis ini," ujarnya.

Sementara untuk perkembangan LFP sendiri, Nurul mengatakan bahwa Indonesia tidak memiliki bahan baku yang memadai sehingga bahan baku seperti lithium harus diimpor. Sementara ferro (Fe) atau besi tersedia, namun tidak terpusat di satu tempat.

"Kita lithium tidak punya, kemudian untuk Fe besinya kita punya, tapi kita juga tahu tidak ada yang terkonsentrasi dalam jumlah besar dalam satu tempat, scattered biasanya kecil-kecil, bukan berarti kita tidak punya," ujarnya.

Potensi pengembangan LFP dan nikel di industri hilir kendaraan listrik di Indonesia masih terbuka lebar. Namun, pengembangan LFP di Indonesia masih terkendala oleh ketersediaan bahan baku lithium yang harus diimpor.