Jokowi Bertemu Sultan HB X di Keraton Kilen

Sultan HB X bersama istri (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Minggu, 28 Januari 2024. Kunjungan tersebut untuk bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X).

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat

Jokowi tiba di Keraton Kilen, kediaman Sultan HB X, sekitar pukul 10.25 WIB. Ia disambut oleh Sultan HB X dan sejumlah pejabat Keraton Yogyakarta. Pertemuan antara Jokowi dan Sultan HB X berlangsung tertutup selama sekitar satu jam.

Menantu Sultan HB X, KPH Notonegoro, mengatakan bahwa pertemuan tersebut membahas berbagai hal, termasuk perkembangan situasi nasional dan internasional.

Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Langkah, Antisipatif Menuju Implementasi Program Unggulan

"Pertemuannya tertutup. Kalau saya ditanya ngobrolin apa saya gak tahu," kata Notonegoro kepada wartawan usai pertemuan. "Tapi ada pesan dari kami mohon jangan dinarasikan yang enggak-enggaklah. Ngarsa Dalem (Sultan HB X) memang dengan Bapak Presiden sering bersilaturahmi. Gitu aja."

Notonegoro juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut hanya dihadiri oleh Jokowi dan Sultan HB X saja.

Presiden Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Beras dan Langkah Pemerintah dalam Menanggapi Krisis Pangan

"Berdua saja bertemunya. Beberapa kali bertemu hanya berdua saja. Kalau misalnya kayak Lebaran gitukan memang Pak Presiden bersama Ibu (Iriana) dengan keluarga dan kami juga dengan keluarga. Tapi hari ini beliau sendiri. Ketemunya cuma berdua," tuturnya.

Pertemuan antara Jokowi dan Sultan HB X ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi yang rutin dilakukan oleh kedua tokoh tersebut. Hal ini menunjukkan hubungan yang baik antara Pemerintah Pusat dengan Keraton Yogyakarta.