Polri Pastikan Keamanan Kondusif di Masa Tenang, Imbau Masyarakat Jaga Persatuan

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho
Sumber :
  • dok Polri

Padang – Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan menjelang hari pencoblosan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari pekan depan.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

"Kepada seluruh masyarakat, mari kita bergandengan tangan, memperkuat kebhinekaan, sambil menunggu terpilihnya pemimpin nasional dan wakil-wakil rakyat yang baru," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu, 11 Februari 2024.

Sandi menegaskan bahwa Polri telah diberikan tanggung jawab untuk mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan bermartabat. Dia juga memastikan bahwa Polri bersama dengan TNI dan seluruh komponen bangsa siap menjaga keamanan proses Pemilu 2024 hingga selesai.

Ketua DPRD Solsel Sebut Ramadan Momentum Persatuan Masyarakat Pasca Pemilu

Menurut Sandi, keamanan dan ketertiban masyarakat saat ini kondusif berkat kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. Ia mengajak semua pihak untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, serta menciptakan suasana yang kondusif menjelang pencoblosan dan pelantikan kepemimpinan nasional dan anggota legislatif.

"Polri mengucapkan terima kasih kepada semua elemen bangsa yang telah membantu Polri merawat perbedaan preferensi politik masyarakat selama setahun terakhir, namun tetap dalam semangat kekeluargaan dengan menjaga toleransi dan semangat kebhinekaan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Sandi menjelaskan bahwa Polri bersama jajaran, termasuk polda dan polres, telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) serta kondisi geografis dalam Operasi Mantap Brata 2024. Dia juga menegaskan bahwa Polri hadir di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan Bhabinkamtibmas, patroli presisi, dan asistensi personel Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

"Polri juga bekerja sama dengan seluruh stakeholder seperti TNI, Pemda, KPU, dan Bawaslu, serta melibatkan seluruh elemen masyarakat," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title