Jemaah Haji 2024 Disarankan Suntik Vaksin Influenza dan Pneumonia, Ini Alasannya 

Ilustrasi Vaksin
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Jemaah haji Indonesia tahun 2024 disarankan untuk melakukan suntik vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat ke Tanah Suci

Dinkes Padang Panjang Berikan Suntikan Vaksin Meningitis Bagi Calon Jemaah Haji

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Lilik Mahendro Susilo menyebut bahwa, Vaksin influenza dan pneumonia penting untuk menjaga agar jemaah tetap sehat dan mencegah transmisi penyakit menular.

Pemerintah Arab Saudi kata Lilik, mensyaratkan jemaah haji untuk melakukan suntik vaksin meningitis. Vaksin ini akan diberikan secara gratis kepada jemaah menjelang proses pemvisaan.

Pekan Kedua Mei, Jemaah Haji Sumbar Diterbangkan ke Tanah Suci

"Selain meningitis, kami juga menganjurkan jemaah haji untuk disuntik vaksin influenza dan pneumonia. Sebab, selama ini sering terjadi kasus pneumonia pada jemaah haji," kata Lilik, Minggu 24 Maret 2024.

Ia bilang ini adalah upaya menjaga jamaah haji Indonesia aman. Ketika berangkat terlindungi, maka pulang mudah-mudahan aman. Kemenkes kata Lilik, juga berpesan kepada calon jemaah haji Indonesia untuk beristirahat total selama satu minggu menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

Bantu Wilayah Terdampak Bencana, BMHS Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

"Hal ini penting untuk menjaga kebugaran jemaah di awal-awal kedatangan di Tanah Suci. Perjalanan ke Tanah Suci cukup melelahkan. Selama perjalanan itu, jemaah juga akan kurang tidur. Oleh karena itu, kondisi kesehatan jemaah harus prima. Salah satu cara menjaganya, dengan melakukan istirahat total menjelang keberangkatan," tutupnya.