Jemaah Haji Indonesia Menuju Arafah, Siap Menjalani Puncak Ibadah Haji

Jemaah Haji
Sumber :
  • Humas Kemenag

Padang – Jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, bersiap menuju Arafah untuk melaksanakan puncak ibadah haji.

Jemaah Haji Padang Panjang Mantapkan Persiapan Menuju Puncak Ibadah di Arafah

Dimulai pada tanggal 8 Zulhijjah 1445 Hijriah atau Jumat 14 Juni 2024, jemaah akan diberangkatkan secara bertahap ke Arafah dari hotel tempat mereka menginap menggunakan bus yang telah disediakan.

Bagi jemaah lansia non mandiri dan disabilitas yang akan disafariwukufkan, mereka telah ditempatkan di hotel transit sehari sebelum diberangkatkan ke Arafah.

Kemenag Layani Lansia dan Disabilitas dengan Istimewa Saat Menjalankan Ibadah Haji

Sebelum keberangkatan, jemaah diimbau untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Jemaah tidak perlu membawa koper besar atau tas kabin karena akan menyulitkan pergerakan di Armuzna. Cukup membawa tas berisi pakaian ganti 3 hari, kain ihram cadangan (bagi laki-laki), handuk, peralatan mandi, dan perlengkapan pribadi lainnya.

Jemaah Haji Diminta Istirahat Cukup Sebelum Umrah Wajib

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi dalam keterangan resminya, Jumat 14 Juni 2024 mengimbau seluruh jemaah untuk membawa obat, vitamin, alat pelindung diri seperti payung, masker, dan alat semprot air. Hindari membawa bantal atau selimut, kecuali bantal leher.

"Di Arafah, jemaah haji Indonesia akan ditempatkan di 1.169 tenda yang terbagi dalam 73 maktab atau markaz. Setiap tenda telah diberi label stiker asal jemaah dengan warna dan identitas yang mudah dikenali. Tenda-tenda ini dilengkapi dengan AC, kasur, dan selimut,"kata Widi, Jumat 14 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title