Distribusi Air Untuk Korban Banjir Lahar Dingin Sudah 265.000 Liter 

Distribusi Air Bersih
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Kota Padang Panjang, terus bergerak sigap dalam membantu warga terdampak banjir bandang lahar dingin

Dilanda Puting Beliung, BPBD Padang Bantu Warga Terdampak

Menurut Ketua PMI Kota Padang Panjang, Herki Toni, hingga kini, sebanyak 265.000 liter air bersih telah didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak.

Herki Toni bilang, bahwa air bersih merupakan kebutuhan vital selama masa tanggap darurat bencana. Oleh karena itu, PMI Padang Panjang, dibantu oleh satu unit mobil tangki dari PMI Kota Sungai Penuh, Jambi, terus menyuplai air bersih kepada warga terdampak.

Kota Padang Siapkan Kelurahan Tangguh Bencana Untuk Hadapi Bencana

“Total 265.000 liter air bersih telah disalurkan kepada lebih kurang 5.600 jiwa penerima manfaat,” kata Herki Toni, Sabtu 8 Juni 2024.

Pendistribusian air bersih ini kata Toni, difokuskan di Kelurahan Silaing Bawah yang mengalami kerusakan jaringan PDAM akibat banjir bandang. 

Pemuda di Kabupaten Agam Gotong Royong Bersihkan Gorong-Gorong Jembatan Untuk Antisipasi Banjir

Selain itu, beberapa daerah tetangga di Kabupaten Tanah Datar seperti Paninjauan, Aie Angek, Koto Tuo, dan Andaleh juga mendapatkan bantuan air bersih.

“Banjir bandang ini menyebabkan kerusakan pada berbagai fasilitas dan material banjir atau lumpur yang menggenangi area pemukiman. Selain membantu mendistribusikan air bersih, PMI juga melakukan evakuasi, pelayanan kesehatan, dan terus membantu kebutuhan masyarakat terdampak banjir,” ujar Herki Toni.

Halaman Selanjutnya
img_title