Yuk, Bikin Rendang Sapi Nan Lezat Itu

Ilustrasi Masak Rendang. Foto/Nugie-Padang Viva
Sumber :

PadangRendang?, membayangkannya saja sudah bikin selera. Daging hitam yang empuk luar dalam ditambah dedak yang bertaburan dengan aroma yang khas sudah barang pasti, menempatkan kuliner khas asal tanah Minangkabau ini, menjadi pilihan utama. Rendang kini, kian terkenal. Ada di mana-mana, terutama di rumah makan Padang. 

Jariang Hotplate, Sensasi Baru Jengkol yang Menggugah Selera

Masakan satu ini bahkan populer di kalangan negara- negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. CNN International, stasiun televisi dunia, menobatkannya sebagai masakan terlezat di dunia.

Rendang, diletakkan pada nomor satu dari 50 masakan di dunia sebagai hidangan terlezat di dunia. Penobatannya, pada tahun 2011 yang lalu. Hebat, bukan? Tak salah, memang. Sungguh lezat nian.

Kolak Delima, Perpaduan Manis dan Segar Yang Bikin Ketagihan

Bumbu-bumbu rendang sungguh alami. Bahkan, bersifat antiseptik. Artinya, mencegah kuman jahat dalam tubuh. Rendang juga bisa membunuh kuman patogen penyebab beberapa penyakit. Keunikan Rendang berasal dari campuran bumbu yang disebut pamasak. 

Bumbu-bumbu ini dihaluskan dari berbagai bahan seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Tak heran rendang dapat disimpan berbulan-bulan.

Walikota Padang Sebut Generasi Muda Tak Banyak Yang Mengenal Seni Bela Tradisional

Lalu, bagaimana jika ingin coba bikin rendang nan lezat ini?, emak-emak dirumah tak usah risau, semua bahan baku rendang dengan gampang bisa ditemukan di pasar tradisional.

Siapkan saja 1 kilogram daging sapi, 300 gram kentang kecil, santan dari 4 buah kelapa, garam. Lalu, siapkan juga bumbu halus. 8 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 300 gram cabe keriting (sesuai selera).

Halaman Selanjutnya
img_title