Ratusan Tamu Allah Dari Ranah Minang Mulai Diterbangkan ke Tanah Suci

Keberangkatan JCH Kloter Pertama Embarkasi Haji Padang
Sumber :
  • Kemenag Sumbar/Rina

PadangEmbarkasi Haji Padang, Sumatera Barat mulai memberangkatkan Jemaah Calon Haji (JCH) ke tanah suci Makkah untuk menunaikan Rukun Islam yang ke Lima.

Jemaah Haji 2024 Disarankan Suntik Vaksin Influenza dan Pneumonia, Ini Alasannya 

Sebanyak 388 JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama asal kota Padang, Senin dini hari pukul 01.30 WIB sudah diterbangkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah melalui Bandara International Minangkabau (BIM).

"Kloter pertama ini, seluruhnya berasal dari kota Padang. Ditambah lima petugas kloter dan dua orang dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD),"kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag, Sumatera Barat, Helmi, Senin 5 Juni 2023.

Bupati Khairunas Tekankan Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pembangunan Solok Selatan

Helmi menjelaskan, pada kloter pertama ini tercatat ada sebanyak 151 JCH lansia, sembilan diantaranya mengenakan kursi roda. Para JCH lansia, berdasarkan arahan Menteri Agama merupakan JCH prioritas.

"Layanan haji tahun ini tagline yang diusung Haji Ramah Lansia,"ujar Hemli. 

Bupati Solok Selatan Instruksikan Penyaluran Beras Bantuan Harus Segera Dilakukan 

Sedangkan untuk kuota haji di Sumatera Barat menurut Helmi, tercatat ada sebanyak 4.613 orang. Dari jumlah itu, 1.999 di antaranya merupakan lansia. Bahkan, 3 diantaranya sudah berusia di atas 95 tahun. 

"Lansia kita prioritaskan. Bagi pihak keluarga yang tidak bisa mendampingi langsung orangtuanya, tidak perlu khawatir. Ada petugas haji lansia yang kita siapkan khusus untuk melayani para JCH lansia,"tutup Helmi.