Program Syiar Ramadan Majelis Dai Kebangsaan di Mentawai Berakhir Sukses

ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay.com

Padang – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, Mahyudin menyebut jika program Syiar Ramadan Majelis Dai Kebangsaan, khususnya di Kepulauan Mentawai, telah berakhir dengan sukses. Lima dai yang bertugas selama satu bulan penuh, saat ini bahkan sudah kembali ke daerah asal mereka.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

"Program ini menjadi wujud nyata kehadiran Kementerian Agama di tengah umat, terutama di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar)," kata Mahyudin, Senin 1 April 2024.

Mahyudin menekankan bahwa program ini harus berkelanjutan, tidak hanya pada bulan Ramadan. Masyarakat masih membutuhkan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kualitas hidup beragama.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Pasca kegiatan ini kata Mahyudin, Kemenag Sumbar akan melakukan pemetaan wilayah dakwah di Sumatera Barat, khususnya di Kepulauan Mentawai, untuk menjaga kualitas keberagamaan umat.

Pemda Mentawai, menurut Mahyudin, perlu memberikan perhatian serius terhadap pembinaan keagamaan di wilayahnya, mengingat jumlah mualaf yang cukup besar.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Para mualaf masih membutuhkan bimbingan rohani dari para dai atau penyuluh agama Islam," ujarnya.

Kemenag, kata Mahyudin, punya tanggung jawab terhadap keberlangsungan kehidupan beragama masyarakat. Untuk itu, pemetaan wilayah dakwah di Sumatera Barat akan segera dilakukan.

Halaman Selanjutnya
img_title