Pekan Kedua Mei, Jemaah Haji Sumbar Diterbangkan ke Tanah Suci

Jemaah calon haji Padang berangkat ke Medinah. Foto/Kemenag Sumbar
Sumber :

Padang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, Mahyudin menyebut jika pada 12 Mei 2024 pihaknya sudah mulai menerbangkan Jemaah Calon Haji (JCH) ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Seluruh Jemaah Calon Haji itu kata Mahyudin, akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sehari sebelum keberangkatan, para jemaah akan diinapkan di Asrama Haji, Tabing Padang.

"Hingga kini, kita terus melakukan persiapan dan mitigasi terhadap segala kemungkinan yang mungkin timbul selama penyelenggaraan ibadah haji,"kata Mahyudin, Senin 22 April 2024.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Mahyudin bilang, Pada Jumat pekan kemarin, rapat Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) Embarkasi sudah digelar dengan keputusan salah satunya, kloter perdana akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Madinah pada 12 Mei 2024.

"Tahun ini, Embarkasi Padang akan memberangkatkan 6.592 jemaah haji, dengan rincian 4.806 jemaah dari Sumatera Barat dan 1.702 jemaah dari Bengkulu.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

"Jemaah ini akan diterbangkan dalam 17 kloter menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dengan 12 kloter jemaah Sumbar, 4 kloter jemaah Bengkulu, dan tambahan 1 kloter jemaah gabungan," ujar Mahyudin.

Mahyudin merinci, dari total 17 kloter tersebut, 9 kloter akan diterbangkan dalam fase gelombang 1 dengan rute Padang - Madinah. Sementara 8 kloter sisanya, akan berangkat dalam fase gelombang 2 dengan rute Padang - Jeddah.

Halaman Selanjutnya
img_title