Festival Siti Nurbaya 2024 Siap Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Gali Nilai Budaya di Padang

Suasana Kawasan Jembatan Siti Nurbaya
Sumber :
  • andalastourism.com via padang.go.id

Padang – Festival Siti Nurbaya 2024 bakal digelar pada 2-4 Agustus 2024 mendatang dan mengangkat tema Memperingati 135 Tahun Marah Rusli.

Pemko Padang Terapkan Tipiring Bagi Pembuang Sampah Sembarangan di Tiga Ruas Jalan

Festival yang juga dalam rangka HUT Kota Padang ini dinilai akan menggali nilai-nilai budaya dengan metode dan teknologi kekinian. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani mengatakan bahwa dipilihnya nama besar sastrawan Indonesia, Marah Rusli sebagai tema merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada penulis yang sudah melahirkan karya besar Siti Nurbaya.

DLH Padang Hadirkan "TPS Mobile", Mudahkan Warga Buang Sampah Pagi Hari

"Temanya adalah memperingati 135 Tahun Marah Rusli, penulis Siti Nurbaya ini lahirnya pada 7 Agustus juga, sama dengan ulang tahun Kota Padang karena nama festival kita Festival Siti Nurbaya, maka ini cara kita menghargai sosok yang sudah melahirkan karya besar Siti Nurbaya," kata Yudi.

ia menjelaskan beberapa kegiatan di antaranya adalah dengan metode dan teknologi kekinian seperti pertunjukan video mapping di Balai Kota Lama, Jalan M Yamin.

Posyandu SBB Palimo: Inovasi dan Gebrakan yang Mengantarkan Menuju Provinsi

"Melalui video mapping yang ditampilkan di Balai Kota Lama itu akan ada cerita yang ditampilkan. Tidak kalah penting, yang membuatnya adalah anak muda Kota Padang, ini subsektor ekonomi kreatif yang dibina Dinas Pariwisata Kota Padang Padang," ujarnya.

Kemudian direncanakan akan ada Pameran Hologram 3D tentang Siti Nurbaya dan penyajian pameran dengan gabungan teknologi 3D, animasi, audio, dan instalasi menjadi pameran sastra pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi terbarukan.

Halaman Selanjutnya
img_title