Pertama Kali, Kamera Trap Abadikan Orang Utan Di Cagar Alam Pararawen

Visual orang utan yang berhasil direkam kamera jebak
Sumber :
  • KLHK

Padang – Kabar gembira datang dari Cagar Alam Pararawen, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Untuk kali pertama, di akhir tahun 2022, seekor orangutan berhasil tertangkap kamera jebak yang dipasang. Selama ini, keberadaan orangutan di Cagar Alam Pararawen sama sekali tidak pernah terdeteksi. 

Membandel 15 Pendaki Asal Medan Diamankan Petugas BKSDA Sumbar 

Kawasan konservasi yang berada di Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah ini ditunjuk sebagai cagar alam pada tahun 1979. Dalam SK Penunjukan kawasan konservasi CA Pararawen, orangutan tidak pernah disebut sebagai salah satu nilai penting kawasan. 

Dikatakan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Sadtata Noor Adirahmanta, keberadaan orangutan di Cagar Alam Pararawen ini, tentu menambah informasi kekayaan keanekaragaman hayati di dalamnya. 

Siamang Jon-Cimung Dilepasliarkan di SM Isau-Isau Lahat

“Semoga populasi orangutan di Cagar Alam Pararawen dapat terus terjaga dan mampu menjalankan fungsi ekosistem di dalamnya,”kata Sadtata dalam keterangan resminya, Sabtu 21 Januari 2023.

Sadtata bilang, informasi dari masyarakat desa yang berada di sekitar kawasan Cagar Alam Pararawen, yang secara turun temurun mendiami dan menggantungkan hidupnya dari kawasan sekitar Cagar Alam Pararawen, juga tidak pernah sekalipun bertemu, menjumpai atau mendengar suara orangutan.

Aqua Resmi Perkenalkan Kopi Kayu Aro, Secangkir Kopi Merawat Bumi

Selama ini, informasi tentang keberadaan orangutan di kawasan ini, hanya berdasarkan laporan masyarakat yang menyampaikan pertemuannya dengan orangutan di dalam kawasan yakni pada tahun 2020 dan 2021. 

Atas dasar laporan tersebut, maka dipasang kamera jebak pada tahun 2021, namun tidak membuahkan hasil rekaman orangutan. Baru pada akhir tahun 2022, kamera jebak merekam langsung aktivitas seekor orangutan, yang sekaligus menjadi legitimasi keberadaan orangutan di Cagar Alam Pararawen.