Wakapolda Kalbar Larang Masyarakat Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin
Sumber :
  • VIVA Padang/Ngadri

PADANG - Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Hal tersebut disampaikan saat apel gelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2023 di lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar pada Kamis, 2 Maret 2023.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

"Kalimantan Barat memiliki wilayah perkebunan yang sangat luas dan rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Faktor pemicu terjadinya karhutla ini yaitu membuka lahan dengan cara dibakar, ini perlu menjadi perhatian khusus,"ujar Asep pada Kamis, 2 Maret 2023.

Asep mengingatkan kepada masyarakat jangan ada lagi membuka lahan dengan cara dibakar, ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam menanggulangi Karhutla di Kalbar tahun 2023.

Asap Karhutla dari Empat Provinsi Bikin Padang Berselimut Kabut Asap

"Tentunya ini sangat merugikan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan serta dapat mengakibatkan bencana alam, serta dampak lainnya seperti gangguan kesehatan, menggangu transportasi udara, darat dan laut,"ucapnya.

Menurut Asep, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap, Polda Kalbar menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2023 selama 21 hari.

Kebakaran TPA Rawa Kucing Belum Padam, Manggala Agni Dikerahkan

"Lebih mengedepankan kegiatan preemtif tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan,"lanjutnya.

Ia menegaskan kepada masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar tentunya akan dilakukan penegakan hukum.

Halaman Selanjutnya
img_title