Kota Pariaman Resmikan Sarana Panahan Berkuda Pertama di Sumbar

Panahan Berkuda Pertama Sumbar
Sumber :

Padang – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman meresmikan sarana panahan berkuda pertama di Sumatera Barat (Sumbar). Penjabat Wali Kota Pariaman, Roberia mengatakan sarana panahan berkuda ini menjadi langkah signifikan dalam pengembangan olahraga tradisional.

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Darussalam Solsel

"Ini menjadi langkah signifikan dalam pengembangan olahraga tradisional. Prestasi atlet Kota Pariaman yang telah meraih juara tiga tingkat nasional memberikan semangat bagi kemajuan cabang olahraga ini," katanya saat meresmikan fasilitas ini di Lapangan SDIT Nurul Ilmi Billigual Integrated Islamic School (NIBIIS) beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, panahan berkuda, sebagai cabang olahraga ethnosport yang sedang berkembang secara global, mencerminkan nilai-nilai budaya dan sejarah. Selain itu, olahraga ini merupakan salah satu yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

Pesona Hoyak Tabuik Kota Pariaman Masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024

"Dengan diresmikannya sarana panahan berkuda ini, kita berharap dapat membuka peluang bagi latihan dan prestasi lebih tinggi bagi generasi Kota Pariaman," tambahnya.

Sementara itu, Pembina Paraquest Pariaman, Syafruddin Tamar, menjelaskan bahwa Paraquest di Pariaman merupakan bagian dari NIBIIS Kota Pariaman dan berada di bawah Yayasan Anak Bina Indonesia. Yayasan ini memiliki fokus pada pendidikan dan peningkatan kualitas SDM.

Lembah Harau, Surga Tersembunyi di Tanah Minangkabau yang Mirip Desa Konoha Naruto

"Paraquest dihadirkan untuk mendidik keterampilan anak-anak NIBIIS Kota Pariaman, khususnya dalam olahraga panahan berkuda. Sarana ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk mengembangkan bakat dan keterampilan anak-anak, memberikan kontribusi positif pada olahraga di Kota Pariaman," ungkapnya.

"Dengan keberadaan sarana panahan berkuda pertama di Sumbar, diharapkan anak-anak Kota Pariaman dapat tumbuh dan berkembang dalam olahraga yang diakui oleh Rasulullah SAW," pungkasnya. (*)