Kompol D Terancam Pidana usai Menikah Siri Dengan Nur

Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

PADANG – Persistiwa kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan seorang mahasiswa Universitas Suryakencana meninggal dunia berbuntut panjang dan belakangan ini terungkap bahwa wanita bernama Nur, penumpang mobil Audi A6 yang menabrak mahasiswi Universitas Suryakencana, Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur ternyata merupakan istri siri dari anggota Polda Metro Jaya, Kompol D.

Hindari Ruas Jalan Sekitar GBK dan JIS Hari Ini, Ada Kampanye Akbar Pilpres 2024

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti turut menyayangkan tindakan Kompol D yang menikah siri dengan Nur.

"Kami sangat menyesalkan jika benar Kompol D berani melakukan tindakan perselingkuhan dan melakukan kawin siri," kata Poengky saat dihubungi wartawan, Rabu, 1 Februari 2023.

Polda Metro Jaya Siap Hadapi Praperadilan Siskaeee

Menurut dia, Kompol D bukan hanya melanggar kode etik dalam kasus nikah siri. Namun, juga melanggar Undang-undang Perkawinan selaku Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Perselingkuhan saja adalah merupakan bentuk kekerasan dalam rumah tangga sebagaimana dimaksud pasal 5 UU PKDRT dan ancaman hukumannya ditegaskan dalam pasal 45 UU PKDRT," jelas Poengky dilansir dari Viva.co.id pada Rabu, 1 Februari 2023.

Permohonan Penangguhan Penahanan Siskaeee Ditolak Polisi

Dia bilang jika ada anggota Polri sampai berani nikah sirih maka masuk tindak pidana.

"Apalagi jika sampai berani kawin siri. Yang bersangkutan tidak saja melanggar kode etik, tetapi sebagai ASN juga melanggar UU Perkawinan beserta aturan turunannya untuk ASN, serta merupakan suatu tindak pidana KDRT," lanjut Poengky.

Halaman Selanjutnya
img_title