Warga Kubu Raya Antusias Saksikan Ngarak Ogoh-Ogoh pada Hari Raya Nyepi

Umat Hindu Kubu Raya gelar Ngarak Ogoh-ogoh
Sumber :
  • VIVA /Ngadri

PADANG - Ngarak Ogoh-Ogoh menyemarakan Hari Raya Nyepi yang diselenggarakan melalui rute Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Rabu, 22 Maret 2023.

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

Ngarak Ogoh-ogoh tersebut dikawal oleh anggota Polsek Sungai Raya dan Polisi Militer. Kemudian rute Ngarak Ogoh-ogoh bermula dari Pura Giri Pati Mulawarman melewati Jalan Adisucipto menuju Tugu Selamat datang, dan kembali lagi ke Pura Giri Pati Mulawarman.

Sebelum kegiatan dimulai, secara simbolis kegiatan ini dibuka oleh Ketua PHDI Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Putu Dupa Bendem beserta umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi. Setelah itu, dilanjutkan dengan pelaksanaan Ngarak Ogoh-ogoh pada pukul 14.30 WIB.

Presiden Jokowi Apresiasi Semangat Optimis HMI dan KOHATI untuk Masa Depan Indonesia

Kegiatan Ngarak Ogoh-ogoh merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu. Ogoh-ogoh yang diarak melambangkan keburukan sifat manusia dan hal negatif alam semesta, akan dibakar dalam Prosesi Tawur Agung Kesanga sebelum umat Hindu melakukan Tapa Brata Penyepian.

Kapolsek Sungai Raya AKP Hasiholand Saragih, mengatakan kegiatan Ngarak Ogoh-ogoh mendapat pengawalan ketat dari Polsek Sungai Raya dan Polisi Militer.

Pengunjung Wisata Pantai Samudra Hilang Digulung Ombak

" Pengamanan yang kami lakukan bersama personil Polres Kubu Raya, Polsek Sungai Raya dan Polisi Militer bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan lancar bagi umat hindu yang merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 tahun 2023,"ujarnya.

Ia menegaskan kepada personil yang melaksanakan tugas pengamanan untuk selalu menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan pengamanan pawai ogoh-ogoh.

Halaman Selanjutnya
img_title