Wakapolda Kalbar Cek Posyan Ketupat 2023 di Pelabuhan Rasau Jaya

Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin
Sumber :
  • VIVA /Ngadri

PADANG - Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin di dampingi Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat melakukan peninjauan ke Posyan Ketupat 2023 Idul Fitri 1444 H di Pelabuhan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada hari Rabu, 19 April 2023.

Presiden Jokowi Apresiasi Semangat Optimis HMI dan KOHATI untuk Masa Depan Indonesia

Pantauan di lapangan Wakapolda Kalbar beserta rombongan PJU Polda Kalbar yang turut hadir dalam kegiatan ini untuk melakukan pengecekan terhadap kapal motor KM ARIEF JAYA serta memberikan himbauan kepada pengusaha dan ABK kapal. Beberapa himbauan yang disampaikan meliputi melengkapi dokumen kapal dan awak kapal, memenuhi persyaratan teknis/kelayakan kapal, dan memastikan awak kapal memenuhi persyaratan pengawakan kapal.

Brigjen Pol Asep Safrudin mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan angkutan sungai dan danau yang akan digunakan oleh masyarakat dalam perjalanan mudik lebaran tahun 2023. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengawasan kepada para pengusaha dan ABK kapal agar dapat mematuhi aturan dan persyaratan yang telah ditetapkan untuk menjaga keselamatan dan kelayakan kapal serta meminimalisir risiko kecelakaan.

Pengunjung Wisata Pantai Samudra Hilang Digulung Ombak

"Saya mengingatkan pengusaha dan ABK kapal untuk tidak membawa muatan melebihi kapasitas serta dilarang membawa penumpang dan atau barang di atas rumah-rumahan/atap kapal. Mereka juga diharapkan melengkapi alat keselamatan berupa, pelampung (life jacket/lifebuoy) sesuai jumlah penumpang, serta menyediakan alat pemadam kebakaran, alat bantu komunikasi, serta alat penerangan,"ujar Syafrudin Kamis, 20 April 2023.

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri dan Pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau insiden pada saat arus mudik lebaran.

Semburan Lumpur Disertai Gas Buat Geger Warga Wajok Kalbar

"Saya berharap seluruh pengusaha dan ABK kapal dapat mematuhi aturan dan persyaratan yang telah ditetapkan demi keamanan dan keselamatan bersama,"tambah Arief.

Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan peninjauan dan pemeriksaan kapal motor arus mudik yang akan berangkat dan tiba di Pelabuhan Rasau Jaya. Semua kapal yang diperiksa diharapkan memenuhi persyaratan teknis dan kelayakan sehingga dapat digunakan dengan aman dan nyaman oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2023.